Kamis, Januari 29, 2009

Percakapan Kaisar Kuning 4700 tahun yg lalu

"Aku mendengar bahwa pada zaman dahulu semua orang hidup ratusan tahun tanpa menunjukkan tanda2 penuaan. Namun, pada zaman ini, orang berumur lebih pendek, hanya hidup hingga puluhan tahun. Apakah ini pengaruh dari lingkungan atau karena orang telah kehilangan jalan itu?" tanya Kaisar Kuning.

Qibo, dokter kerajaan menjawab, "Di masa lalu, orang melaksanakan jalan itu. Mereka memahami prinsip keseimbangan yin dan yang. Dengan demikian, mereka menciptakan latihan2 seperti meditasi untuk membantu menjaga keseimbangan dg alam semesta. Mereka makan dg pola yg seimbang secara teratur, bangkit dan istirahat pd waktunya, menghindari kelebihan beban pd tubuh dan pikiran mereka, serta tidak berlebihan dalam segala hal. Mereka mempertahankan kesejahteraan tubuh dan pikiran. Oleh karena itu, tidak aneh jika mereka hidup lebih dari seratus tahun."

"Kini, orang telah mengubah jalan mereka. Mereka meminum anggur seperti meminum air, makan secara berlebihan dan bertingkah laku buruk yang lain, mengeringkan esensi mereka, dan mengurangi energi mereka. Orang mengabaikan ritme dan keteraturan alam semesta demi mencari kegembiraan dan kesenangan sesaat. Mereka gagal mengatur pola makan dan gaya hidup mereka, serta tidur tidak laya. Mereka tidak mengetahui rahasia melestarikan energi dan vitalitas mereka. Oleh karena itu, tidak heran jika mereka terlihat tua pada umur lima puluh dan mati tak lama kemudian." (Pengobatan Klasik Kaisar Kuning)

Siapa yang mau hidup lebih seratus tahun segeralah berubah....!
Hiduplah secara sederhana,
Makan jangan berlebihan,
Aktifitas jasmani dan rohani seimbang,
Tetaplah bermurah hati tidak emosional.

Selamat hidup sejahtera!



gabriellaia27@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar !