Rabu, Maret 25, 2009

Pulau Nias Nan Permai

Pulau Nias saat ini terbagi 5 daerah, Kab.NIAS, Kab.NIAS Selatan, Kab.Nias Barat, Kab.Nias Utara dan Kotamadya Gunungsitoli. Dalam tulisan ini khusus membahas Kabupaten Nias dan daerah wisata yang ada di wilayah Kabupaten Nias dan Kotamadya Gunungsitoli.

Visi Kab. Nias : “ Mewujudkan Nias Baru yang Maju, Beriman, Mandiri dan Sejahtera “

Beberapa Tempat wisata Di Kabupaten Nias :

1. Muara Indah
Muara Indah merupakan suatu kawasan yang sangat indah berjarak 15 km dari kota Gunung Sitoli. Muara Indah berada di muara sungai sehingga pertemuannya dengan laut menciptakan keindahan tersendiri. Tempat ini sangat ramai dikunjungi masyarakat terutama pada hari-hari libur maupun akhir pekan untuk menikmati berbagai jenis makanan hasil tangkapan dari laut seperti ikan gerapu, cumi-cumi, udang, kepiting Bakau, dan berbagai jenis hasil laut lainnya. Para pengunjung/wisatawan umumnya dinikmati hidangan tersebut sambil menikmati keindahan panorama alam di komplek Muara Indah yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas wisata bahari. Di tempat ini sering dilaksanakan berbagai kegiatan pagelaran kesenian maupun budaya serta acara seremonial lainnya karena letaknya yang relatif tidak jauh dari Kota Gunungsitoli.

2. Puncak Indah Laowomaru
Puncak indah Laowomaru dan Pantai Indah Laowomaru kilometer 7 dari kota Gunungsitoli sangat indah untuk menikmati keindahan keindahan alamnya dan tempat santai yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas berupa pondok-pondok wisata dan berbagai Seafood yang tersedia bagi pengunjung.

Di bawah pohon nyiur yang memberi kesejukan, Wisatawan dapat menikmati pemandangan yang cukup indah dari laut yang terbentang luas. Pantai Laowomaru juga sangat bagus untuk mandi/berenang di sore hari.

3. Pantai Indah Foa
Objek wisata Nusa Lima ini terletak di Pantai Indah Foa kurang lebih 17 Km dari kota Gunungsitoli. Di objek wisata ini kita menikmati keindahan alam laut yang sangat indah dan memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung karena dapat menikmati panorama pantai yang alami sambil ditemani nikmatnya hidangan laut.

4. Wisata Surfing
Bagi para penggemar olahraga surfing, Pulau Nias menawarkan tantangan menarik bagi anda karena di beberapa lokasi pecinta olahraga laut tersebut dapat menikmatinya antara lain di Pantai Pulau Asu, Pulau Bawa Kecamatan Sirombu, Nias Bagian Barat dan Pantai Afulu kecamatan Afulu, Nias Bagian Utara.

5. Air panas Mbomboaukhu di kecamatan Idonogawo.
Para wisatawan menyukai lokasi ini karena dapat mandi/berenang dengan air hangat yang sedikit berbau belerng sehingga di samping menyegarkan juga dapat menyembuhkan penyakit kulit.

6. Teluk Siabang
Teluk Siabang adalah sebuah pantai yang air lautnya tenang dan pemandangan di sekitarnya cukup mempesona, lokasi ini sangat bagus untuk dijadikan berselancar/ski air. Lokasi ini telah mulai ditata dan didirikan pondok santai, pengunjung di lokasi ini sangat ramai di hari-hari libur karena telah tersedia jenis makanan ( seafood ) hasil laut, seperti udang, kepiting dan beberapa jenis ikan lainnya, selain hasil tangkapan ikan laut juga tersedia tambang ikan, udang dan kepiting yang dikoordinir oleh kepala desa. Fasilitas hiburan yaitu pondok terapung, kafe dan rumah makan. Lokasi ini terletak di wilayah Kecamatan Sawo, Kabupaten Nias 43 km dari kota Gunungsitoli.

7. Kuburan Marasusi
Kuburan Marasusi ( Tentara Belanda ) ini di desa Tetehosi Kecamatan Mandrehe merupakan hasil pergolakan antara warga masyarakat Kecamatan Mandrehe dengan Tentara Belanda saat tokoh masyarakat dan pemuda Kecamatan Mandrehe lakukan perlawanan terhadapa pemerintah Belanda tahun 1910., akibat perang itu banyak tentara Belanda yang tewas juga warga masyarakat di wilayah kecamatan Mandrehe mengungsi karena kaum laki-laki dan pemuda ditawan oleh Belanda bila ditemukan, kasus itu dinamai ” HORODAWA ”

Objek ini telah menjadi simbol kepahlawanan masyarakat Nias terhadap penjajah dan sekarang objek ini sering dikunjungi para wisatawan.

8. Pantai Sifahandro
Pantai Sifahandro Kecamatan Tuhemberua adalah pantai yang sangat indah dengan pantainya yang luas dan di sana kita dapat menikmati matahari pagi secara sempurna

9. Gua Togindrawa
Gua Togindrawa di Gunungsitoli merupakan gua alam di atas sebuah bukit yang cukup menawan dengan berbagai jenis Stalaktik dan Stalamik, di sana anda dapat menikmati panorama alam pegunungan dan alam laut serta matahari terbit dari puncak sebuah bukit. Selanjutnya menurut penelitian para arkeolog bahwa gua Togindrawa ini pernah dihuni oleh manusia sekitar 7000 tahun yang lalu. Dan merupakan tempat orang asing membeli budak-budak. Gua ini terletak di wilayah Kecamatan Gunungsitoli dan kini gua ini tetap dikunjungi oleh warga kota Gunungsitoli dan para wisatawan dalam maupun luar negeri.

10. Pantai Lafau
Pantai Lafau di kecamatan Lahewa memiliki daya tarik yang cukup menawan karena pantainya yang luas dan indah, cukup dekat dengan pulau Panjang yang memiliki potensi wisata untuk dikembangkan.

11. Pantai Karanitaba
Lokasi Pantai Karanitaba di Toyolawa Kecamatan Lahewa merupakan salah satu objek yang sering dikunjungi para wisatawan karena lokasinya yang sangat indah. Di sana wisatawan dapat menikmati keindahan pemandangan laut lepas dan batu-batu yang unik sebagai bentukan proses alam yang cukup menarik.

12. Pantai Lahewa
Pantai Lahewa di Kecamatan Lahewa merupakan sebuah tempat yang sangat indah dengan pasirnya yang putih bersih dan dapat memanjakan para wisatawan dengan sinar matahari.

13. Pantai Pulau Bawa
Inilah lokasi pantai Pulau Bawa yang sangat bagus untuk lokasi surfing. Di tengah Pulau Bawa terletak danau yang cukup indah dan masih belum dikembangkan. Juga ada Taman laut di Pulau Bawa ini.

14. Teluk Bengkuang
Teluk Bengkuang adalah salah satu objek wisata yang memiliki pemandangan yang indah dan mempesona. Hamparan pasir putih yang terbentang luas memberi kesan seakan-akan di gurun, juga di teluk ini airnya tenang dan dapat berlabuh kapal motor. Fasilitas telah tersedia pondok-pondok istirahat, makanan khas laut yang dihidangkan oleh Bapak Faoziduhu Zega ( Purn. TNI ), seorang pengusaha restoran di daerah setempat dan beberapa pengusaha seafood lainnya.

15. OMO SEBUAH ( Rumah Besar )
Biasanya rumah adat ( Omo Hada ) di Nias Bagian Utara dan Barat sering disebut Rumah Besar peninggalan sejarah leluhur masyarakat Nias. Rumah adat Nias ini memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri bagi wisatawan mancanegara dimana rumah-rumah adat ini berderet dengan rapi di perkampungan tradisional seperti di Desa Tumori Kecamatan Gunungsitoli, Desa Onolimbu Kecamatan Sirombu dan di Desa Simae`asi Kecamatan Mandrehe, sedangkan di beberapa Desa lainnya seperti di Desa Bukit Tinggi Kecamatan Ulu Moro`o tinggal 4 ( empat ) unit lagi karena saat gempa bumi tanggal 28 Maret 2005 banyak yang tumbang.

16. Objek Wisata ”WALO”
Berlokasi di Desa Teluk Bengkuang Kecamatan Sawo, kurang lebih berjarak 38 km dari kota Gunungsitoli, banyak orang yang mengunjungi untuk tujuan berekreasi dan gampang dilalui kendaraan beroda empat, karena kondisi jalan yang kokoh dan bersih.

17. Pantai Indah Afulu
Pantai Indah Afulu di Kecamatan Afulu Nias Bagian Utara memiliki keindahan alam dan keindahan untuk tempat surfing.

18. Air Terjun Luahandroi
Air terjun Luahandroi terletak di Kecamatan Alasa, berjarak lebih kurang 35 km dari kota Gunungsitoli dan kurang lebih 2 km dari kota Alasa dapat dijangkau dengan mobil sejauh 35 km dan kemudian ditempuh dengan berjalan kaki sejauh 1,5 km. Air terjun Luahandroi adalah air terjun yang bertingkat-tingkat ( 3 tingkat ) sangat baik untuk dapat berenang sambil menikmati panorama alam yang cukup menawan, bahkan para pengunjung yang mandi di sana membiarkan air terjun jatuh ke badan seolah-olah sedang memijat badan secara alamiah.

19. Danau Megoto
Danau Megoto terletak di Kecamatan Alasa adalah suatu objek wisata yang menjanjikan di masa depan, di mana keunikannya antara lain pada hari-hari biasa warnanya bening namun pada saat tertentu danau tersebut secara alami mengalami perubahan warna. Danau Megoto dapat dicapai dengan kendaraan dari Gunungsitoli melalui Ombolata Alasa sejauh kurang lebih 36 km dan kemudian dari Ombolata ke lokasi danau Megoto ditempuh dengan jarak kurang lebih 12 km.

20. Pelabuhan Sirombu
Pelabuhan Sirombu adalah sebuah tempat persinggahan kapal di Pantai Barat pulau Nias yang sangat indah pada sore hari karena kita dapat menikmati matahari terbenam. Dari pelabuhan ini kita dapat menuju Pulau Asu dan Pulau Bawa sebagai lokasi surfing dan juga untuk diving.

21. Pulau kembar , Pulau Fari`i dan Faro`a
Kedua pulau ini muncul pasca gempa bumi 28 Maret 2005. Keunikan pulau ini di atasnya dapat diperoleh sumber air bersi sehingga masyarakat berani membangun pondok persignan bagi pengunjung di pulau ini yang jaraknya 500 meter dari pinggir pantai desa Lahusa Kecamatan Sirombu Nias Bagian Barat, sekitar 70 km dari kota Gunungsitoli Kabupaten Nias.

22. Museum Pusaka Nias
Sebagai sebuah pulau yang memiliki kekayaan budaya tradisional, Pulau Nias memiliki sarana budaya yang menunjang pengembangan serta pelestarian budaya tradisional Nias. Salah satu sarana tersebut ádala Museum Lusaka Nias yang dikelola oleh Yayasan Lusaka Nias di Jalan Yos Sudarso 2 Km dari kota Gunungsitoli dan memiliki beragam koleksi yang bernilai sejarah dalam perkembangan kebudayaan dan sosial masyarakat Nias.

Dengan lokasi yang berada di pusat kota, Museum Pusaka Nias memberikan akses yang seluas-luasnya kepada masyarakat maupun para wisatawan untuk mendapatkan informasi mengenai sejarah kebudayaan Nias.

Kesenian yang terkenal dari Pulau Nias adalah Tradisi lompat batu, selain itu salah satu keunikan adat tradisional Nias dapat dilihat pada rangkaian prosesi acara pernikahan dimana pengantin wanita ditandu dari rumahnya menuju rumah pengantin pria. Proses ini melambangkan betapa besarnya penghormatan bagi kaum wanita sebagai ratu sehari pada saat melangsungkan pernikahan.

Kesenian lainnya ádalah berupa tari-tarian. Seperti Tari Ya`ahowu ditampilkan pada pagelaran atau di acara penyambutan tamu yang dihormati atau pada acara pesta adat yang diiringi dengan musik tradisional Nias, yang pada umumnya penari dari golongan putri dan pemain musik tradisional dari golongan putra.

Tari Tuwu dan tari Ya`ahowu ditampilkan disetiap acara penyambutan tamu agung/tamu yang dihormati atau pada acara pesta adat.

Transportasi Laut dan Udara

Bila kita mau ke Nias, dapat dicapai melalui bandar udara Polonia Medan ke Bandar udara Binaka Gunungsitoli dengan menaiki pesawat terbang Merpati dan SMAC di setiap hari, dan kalau mau dari bandar udara Tabing Padang PP Batu-Bianak Gunungsitoli-Medan sekali seminggu melalui pesawat terbang SMAC. Jika hendak menghemat biaya dapat melalui darat dan laut dari Jakarta atau Medan dapat melalui kapal Ferry via Sibolga-Gunungsitoli di setiap hari, dengan kapal motor penumpang ( KMP ) Ferry dari Jakarta-Padang-Gunungsitoli-Sibolga-Padang-Jakarta (PP) setiap dua minggu.

Alamat-alamat penting

Gunungsitoli

Komunikasi dan Informasi :

Tourism Office : Jalan Diponegoro No. 268 Telp : ( 0639 ) 21950

Telcom : Jalan Hatta I no 5 Telp : ( 0639 ) 21000

Post Office ( Posindo ) : Jalan Hatta no 1

Bank dan Money Changer :
BNI 46 Jalan Sukarno Telp : ( 0639 ) 21946
BRI Jalan Gomo
Bank Sumut Jalan Hatta I No.3
Bank Danamon Jalan Sudirman

Transportasi :
Pelni ( Indonesia`s National Shipping Lines ) Jalan Diponegoro
ASDP ( Ferry ) Jalan Yos Sudarso Km 2
Sumber Usaha ( Boat ) Jalan Sirao
Merpati Nusantara Jalan Sudirman Telp (0639) 21400
SMAC Foker F-50 Jalan Diponegoro
Bus station dilayani beberapa perusahaan angkutan seperti :
Cv Yuyu Jalan Diponegoro
Cv Saradodo Jalan Tirta

Akomodasi
Wisma Soliga (M-3) Jalan Diponegoro No 432 Telp (0639) 21815
Hotel Gomo ( M-3 ) Jalan Gomo No 148 Telp (0639) 21926
Hotel Olayama ( M-3) Jalan Pendidikan No 32 Telp (0639) 21117
Hotel Hawaii ( M-2 ) Jalan Sirao No 24-A Telp (0639) 21021
Miga Beach Hotel ( M-2 ) Jalan Diponegoro Km 5 Telp (0639) 21460
Penginapan Garuda (M-1) Jalan Kelapa
Hotel Dian Otomosi ( M-2 ) Jalan Yos Sudarso km 2,5 Telp (0639) 22422
Hotel Vera ( M-2 ) Jalan Yos Sudarso Km 2

Restaurant
Bamboo House Jalan Diponegoro Km 7 Telp (0639) 22326
Wisma Soliga Jalan Diponegoro No 432 Telp 21815
Nasional Jalan Sirao Telp 21729
Dian Otomosi Jalan Yos Sudarso Km2,5 Telp 22422
Pak Gaek Jalan Sirao
Lain-lain

Hospital ( Rumah Sakit Umum ) Telp (0639) 21271
Police Office ( Kantor Polisi ) Telp 21595
Army ( Kantor Kodim 0213/Nias ) Telp 21008-21213

SIROMBU
New Mercy Guest & Rest Bawa Island
Jerman Home stay Bawa Island
Nuza Cottage, bar & Rest Bawa Island
Asujaya Bungalow Asu Island
Benny home stay Asu Island
Selvi`s Bungalow Asu Island
Tasis Home stay & Rest Asu Island

AFULU
Darius Home Stay Afulu Sub-Regency

LAHEWA
Losmen Erika Lahewa Sub-Regency

Sumber Dari : Pemerintahan Kabupaten Nias Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jalan Diponegoro No 268 Telepon ( 0639 ) 21950 Gunungsitoli – 22815

Nach, keaslian dan keindahan alam pulau Nias sudah terkenal ke seantero dunia. Dikenal juga sebagai salah satu kawasan surfing yang sering dijajal oleh atlit-atlit kelas dunia dan menjadi salah satu surga olahraga surfing. Ini membuat kita Bangga sebagai orang Sumatera Utara. Tapi ada yang menarik, menilik dari bahasa dan juga kebudayaan sedikit ada kemiripan dengan Hawaii, mungkin karena sama-sama pulau pantai kali ya, tapi perlu diselidiki juga. Orang Nias juga memiliki jenis kulit yang khas mirip dengan keturunan monggolia atau china ( maaf kalau salah tolong dibetulkan ).


Making the family as a cultural force prosperous and harmonious

2 komentar:

syhura mengatakan...

Teriamakasih sudah di buat web seperti ini, tapi dari semua informasi di atas
kita perlu berterimakasih kepada tuhan bahwa alam P.Nias banyak potensi yg sdh tersedia tapi perlu di tumbuh kembangkan . contoh di atas sdh ada perlu di bangun fasilitas pariwisata yg bisa menarik banyak perhatian pengunjung seperti , masyarakat setempat di pberdayakan supaya bisa berkarya sehingga masyarakat nias bisa maju dgn hasil karya nya dan faislitas yg di bangun bisa membuat pemuda pemudi nias bisa mendapatkan lowongan kerja.

sri mulyani mengatakan...

Terimakasih ya...
Tapi apa semua nmr teleponnya masih berlaku sampai sekarang?

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar !