Jumat, Juni 29, 2012

'Hara Hachi Bu', Rahasia Jepang Sehat dan Umur Panjang

 'Hara Hachi Bu', Rahasia Sehat dan Umur Panjang
Resolusi diet tahun 2012!

Diet 'hara hachi bu' menjadi inspirasi saya. Orang Okinawa Jepang memakai diet ini sepanjang hidup sehingga mereka selalu sehat dan panjang umur. Apa saja trik diet sehat ini?

Warga Jepang khususnya daerah Okinawa terkenal akan ketahanan tubuhnya. Sehat dan bugar itu bukan tanpa sebab, karena mereka mengatur pola makan. Diet ala Okinawa yang dikenal dengan nama hara hachi bu, yang berarti 'perut kenyang 80 persen'. Hasilnya, Okinawa juga terkenal dengan warganya yang berumur panjang, lebih dari 100 tahun!

Dalam diet ala hara hachi bu, makanan yang dimakan lebih diseleksi. Hanya makan berupa sayuran segar, biji-bijian, buah, kacang kedelai dan olahannya, serta ikan. Mereka tetap makan daging merah, namun jumlahnya sangat dibatasi.

Pola makan hara hachi bu yang sangat sehat dapat mencegah penuaan dini, serta dapat menghilangkan resiko penyakit jantung Tak hanya itu, cara diet ini juga bisa meminimalisir produksi radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang mengotori sel yang digerakkan oleh metabolisme tubuh ketika makanan diolah menjadi energi.

Budaya makan orang Okinawa ini memberikan efek yang sama baiknya dengan diet kaya antioksidan. Berhenti makan ketika perut sudah 80 persen terisi adalah strategi yang sangat bagus untuk mencegah kegemukan tanpa merasa lapar. Hal itu disebabkan karena perut butuh 20 menit untuk memberi sinyal pada otak jika perut sudah kenyang. Jadi, makan 80 persen menghindari perut dari rasa super kenyang.

Di Okinawa, jumlah penderita penyakit jantung 80 persen lebih rendah. Angka penderita stroke juga jauh dibawah Amerika. Mayoritas warga Okinawa memiliki kadar kolesterol dibawah angka 180, kadar homocystein rendah dan tekanan darah yang normal. Jumlah penderita kanker 50-80 persen lebih rendah, khususnya kanker payudara, ovarium dan juga prostat.

Aturan makan ala Okinawa antara lain:
1.Perhatikan porsi makan, makan hanya hingga 80 persen kapasitas perut.
2.Makan makanan yang rendah kalori. Banyak makan ikan, kedelai, juga sayur-sayuran segar dan bijian yang kaya serat.
3.Lakukan aktivitas fisik secara rutin.
4.Jaga badan agar tetap bugar. Perhatikan indeks massa tubuh tetap pada angka normal.

(sumber: detikFood.com)
Making the family as a cultural force prosperous and harmonious

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar !